Profil Pengusaha Tahu Asin Sinar Bandung





1.Biodata Pendiri
Nama    : Bpk.H.Said Hidayat
TTL    : Tasikmalaya, 1942
Alamat    : Kp. Sukaseuri Rt 02/Rw 01 desa Sarimulya,Kotabaru,Karawang
Nama Usaha: Tahu Asin Sinar Bandung
Berdiri    : Tahun 1973
Istri    : Ibu Hj.Opoh Masitoh
Anak    : 7
    -Didin
    -Nanang Sadudin
    -Dede sopian
    -Ujang Nuryaman
    -Nunuy Jamilah
    -Ade muslih
    -Agung
2.Biodata Narasumber
Nama    : Nanang Sadudin
Nama Usaha : Tahu Asin Sinar Bandung
Berdiri    : 9 Maret 2010
Alamat    : Kp.Bojong Rt 01/Rw 02 desa bojong sari Kec.Tirtamulya
Istri    : Ibu Lilis Kholisoh
Anak    : 2
    -Susi Nurhaliza
    -Usep Mulyana






Sejarah Berdirinya Pabrik Tahu Sinar Bandung
Usaha Tahu Asin Sinar Bandung ini berdiri pada tahun 1973 dan saat itu masih menggunakan cara tradisional dan belum menggunakan diesel. Barulah beberapa tahun belakangan ini usaha ini maju pesat dan pembuatan tahunya pun sudah modern dan sebagai simbol kemajuan batu yang dulu digunakan untuk pembuatan tahu secara tradisional telah dijadikan monumen( diletakkan di depan pabrik).
Perjalanan sampai menjadi seperti sekarang ini tak lepas dari perjuangan yang luar biasa karena dulu pabrik ini pun hanya berjalan dengan seadanya. Boleh dikatakan Bph.H.Said ini merupakan salah satu pelopor pengrajin tahu di cikampek,karena pada saat itu hanya ada  dua pengrajin tahu di cikampek yaitu Bpk.H.Said Dan Bpk.Tony.
  Seiring dengan perkembangan zaman,membuat pengrajin tahu semakin bertambah dan sebagian besar dari mereka adlah pendatang. Seperti halnya Bapak H.Said ini juga merupakan seorang pendatang. Beliau belajar membuat Tahu mulanya di kediaman orangtuanya di Cibuntu Bandung Jawa Barat. Kota cibuntu ini di kenal oleh masyarakat sebagai “Kota Tahu”. Oleh karena itu pabrik ini dinamakan “Tahu Asin Sinar Bandung”,karena sejarahnya berawal dari kota Bandung.

1 komentar: